Halaman Utama

Halaman Utama

Dari Wikimedia Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari
Ada batasan pengamanan pada halaman ini

Temukan Wikimedia Indonesia di Twitter @wikimediaid Facebook: Wikimedia Indonesia

Dukung kami

Wikimedia Indonesia bersandar terutama atas dukungan individual. Anda dapat berpartisipasi membantu Wikimedia Indonesia menjalankan misinya dengan menyumbang dana maupun tenaga. Lihat halaman Proyek kami untuk berbagai kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perkumpulan selengkapnya.

Menyumbang sekarang »
Menjadi anggota »


Proyek

Logo MINANG.png
Sarasehan Bahasa Minangkabau adalah sebuah proyek yang diadakan oleh Wikimedia Indonesia bekerja sama dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Acara ini berbentuk diskusi dengan beberapa narasumber dengan peserta dari berbagai latar berlakang. Tema yang diangkat dalam acara ini adalah "Kampuang nan Dakek di Jari: Standardisasi Penulisan Bahasa Minang dalam Jaringan Internet". Acara ini membicarakan dialek Minangkabau yang akan digunakan sebagai standardisasi dalam penulisan daring, seperti di Wikipedia, dan dalam penulisan luring.
Didukung oleh:
Sponsor diskusi bahasa Minangkabau.png

Java Text Digitalization Banner.jpg
Wikimedia Indonesia bekerja sama dengan Museum Tamansiswa Dewantara Kirti Griya, Yogyakarta, menyelenggarakan proyek digitalisasi 75 teks cetak Jawa dari Mei hingga Juli 2015. Upaya ini dirancang untuk mendigitalisasikan teks-teks bahasa Jawa dalam koleksi Museum Tamansiswa Dewantara Kirti Griya, Yogyakarta. Hasil dari proyek ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, peneliti dan serta peminat bahasa dan sastra Jawa, sehingga nilai kebudayaan teks dapat dilestarikan dan disosialisasi.
Didukung oleh:

Cipta Media Seluler - CMS Logo.jpg
Hibah terbuka yang mengajak individu, komunitas, atau organisasi untuk memunculkan inisiatif-inisiatif perubahan sosial yang lebih adil, dengan menggunakan teknologi seluler. Hibah terbuka ini menyediakan dukungan dana sebesar 750 ribu dolar AS, bagi inisiatif-inisiatif teknologi seluler terbaik yang dapat dimodifikasi dan dicontoh untuk diterapkan di daerah lain.
Didukung oleh:

Logo Bebaskan Pengetahuan + WMID.png
Proyek Digitalisasi Konten adalah upaya untuk mengumpulkan sumber bacaan dalam bahasa Indonesia dan bahasa lokal lainnya di Indonesia. Upaya ini telah diinisiasikan pada tahun 2013. Pada tahun yang sama, Wikimedia Indonesia membeli sebuah mesin pemindai buku yang dirakit sendiri (DIY book scanner) dari Latvia. Mesin tersebut dirakit bersama-sama saat tiba di Indonesia, dan pengodean untuk mengaktifkan kedua kamera di mesin tersebut dilakukan oleh John Vandenberg. Dua orang asisten teknis pemindai dan lima orang penguji-baca direkrut untuk mendigitalisasi naskah menjadi bentuk digital.
Didukung oleh:

MAVC WMID HOT OSM Map n Content Kalimantan Logo.png
Pembuatan modul pemetaan untuk OSM dan pembuatan artikel bot di Wikipedia Bahasa Indonesia dan Bahasa Banjar melalui pelatihan oleh mitra organisasi yang berada di Kalimantan. Indikator kesuksesan proyek meliputi digunakannya modul yang telah dibuat dalam kontribusi ke dalam peta digital dan dibacanya artikel artikel mengenai Kalimantan yang dibuat oleh bot di Wikipedia bahasa Indonesia. Upaya ini adalah bagian dari hibah terbuka Making All Voices Count dan merupakan kerjasama proyek antar organisasi pertama antara Wikimedia Indonesia dan HOT OSM.
Didukung oleh:



Logo wiki sabanda baru 2 box.png
Upaya dokumentasi dan pemeliharaan bahasa Sunda dalam bentuk teks (tulisan dan multimedia) melalui situs web Wikipedia Bahasa Sunda. Upaya ini dirancang bertingkat sebagai permainan daring berjenjang, dimana para pemain selain melestarikan bahasa sunda, belajar berkomunitas, berjejaring, bekerjasama, namun juga mengalahkan satu sama lain melalui skor. Setiap jenjang memiliki hadiah. Seperti permainan daring lainnya, setiap pemain bisa saja gugur. Apabila ini terjadi maka pemain harus mengulang kembali dari tingkat di mana ia gugur. Tujuannya juga untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya pemain, sehingga upaya ini berkesinambungan.
Didukung oleh:


  • Lokakarya/ Seminar/ Pertemuan:
04 Juli 2015 di Yogyakarta, Indonesia - Hari Terhubung Disabilitas 2015
Logo Saujana.png

Saujana adalah organisasi lokal di Yogyakarta yang menjadi salah satu penerima hibah Cipta Media Seluler. Pada 4 Juli 2015, Wikimedia Indonesia menghadiri Hari Terhubung Disabilitas 2015 sekaligus peluncuran situs dan aplikasi Kerjabilitas yang digagas oleh Komunitas Saujana di Hotel Royal Ambarukmo, Jogjakarta. Partisipasi ini adalah bentuk dukungan Wikimedia Indonesia untuk dunia kerja yang inklusif. Sejak tahun 2014, Wikimedia Indonesia merekrut penyandang disabilitas untuk proyek Digitalisasi Konten dan acara ini adalah wadah pertemuan tepat untuk berbagi pengalaman. Laporan Selengkapnya...



14 Juni di Semarang, Indonesia - Peluncuran Situs Web Kolkas.Net
Kolkas Net.png
Kolkas adalah repositori grafis sebagai sumberdaya kota, dalam peluncurannya Creative Commons Indonesia diundang untuk memberikan diskusi mengenai lisensi hak cipta karena Kolkas berencana untuk membuka karya karya kontributornya pada lisensi domain publik. Wikimedia Indonesia mengutus Alifia Qonita dan Chris Woodrich sebagai pembicara mengenai lisensi Creative Commons dan aplikasinya di Indonesia saat ini.
(Laporan selengkapnya...)



3-6 Juni di Jakarta, Indonesia - Seminar Politik Bahasa
Badan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.png
Seminar Politik Bahasa adalah acara yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, yang merupakan badan dibawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Seminar ini diadakan di Hotel Best Western Premiere The Hive dengan tema “Mengawal Bangsa Besar dengan Berawal Bahasa”. Seminar ini merupakan forum pemutakhiran kebijakan nasional kebahasaan atas rumusan politik yang dihasilkan dari dua seminar terdahulu di tahun 1975 dan di tahun 1999.
(Laporan selengkapnya..)



15-17 Mei di Berlin, Jerman - Wikimedia Conference 2015
Wikimedia Deutschland-Logo.png
Pertemuan internasional antar mitra Asosiasi Lokal Wikimedia 2015 adalah pertemuan rutin tahunan yang dihadiri oleh seluruh Asosiasi Lokal Wikimedia (Chapters), organisasi berdasarkan tema (thematic organization), kelompok pengguna (user grup), bersama dewan dan staf Yayasan Wikimedia (Wikimedia Foundation). Sebanyak lebih dari 170 orang peserta dari 40 negara menghadiri pertemuan tahun ini. Acara ini diselenggarakan oleh Wikimedia Jerman dan disponsori oleh Wikimedia Foundation.
(Laporan selengkapnya...)




Sekilas Dewan

Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus Wikimedia Indonesia adalah dua dewan pelaksana dalam Wikimedia Indonesia, yang mendapatkan kekuasaan dari Rapat Umum Anggota untuk mengarahkan aktivitas organisasi.

Berita terbaru

Indonesia

Pelatihan menyunting naskah perpustakaan digital

Agustus 28 2015 Pelatihan perpustakaan.jpg

Pelatihan menyunting naskah-naskah di Perpustakaan Digital Wikimedia Indonesia dilaksanakan pada hari Jumat sore, dan dihadiri oleh anggota Wikimedia Indonesia, antara lain Siska Doviana, Rachmat Wahidi, Nurleni Noertam, Mariyanah, Adityo, Vasanthi, Ranie, pegawai magang M. Khoiron, dan pegawai paruh waktu Digitalisasi Konten Yusuf Rinoarso. Pelatihan tersebut mengajarkan tata cara menyunting dasar, mengunggah berkas, dan menggunakan templat. (28 Agustus 2015)


Peluncuran terjemahan resmi lisensi Creative Commons 4.0

Agustus 15 2015 Peluncuran terjemahan resmi lisensi Creative Commons 4.0.jpg

Peluncuran terjemahan resmi lisensi Creative Commons versi 4.0 diadakan di Kantor Bersama Wikimedia Indonesia pada tanggal 15 Agustus 2015. Acara ini dihadiri oleh mitra kerja Wikimedia Indonesia seperti Open Data Lab dan HOT-OSM, para pengguna lisensi Creative Commons dan juga anggota Wikimedia 2015. Materi presentasi dapat dilihat di sini . (15 Agustus 2015)


Berbagi pengalaman menghadiri Wikimania 2015

Agustus 22 2015 Berbagi pengalaman Wikimania 2015.jpg

Sabtu (22/8) kemarin, Revo Arka Giri berkunjung ke Kantor Bersama Wikimedia Indonesia, Jalan Pati No. 1, untuk berbagi pengalaman menghadiri konferensi Wikimania 2015 di Kota Meksiko. Acara tahunan yang diselenggarakan oleh Wikimedia Foundation ini berlangsung selama 5 (lima) hari, mulai 15 Juli s.d. 19 Juli, di Hotel Hilton Mexico City Reforma. Apa saja kegiatan Revo selama konferensi? Selengkapnya... (22 Agustus 2015)


Pelatihan Penulisan Artikel secara Manual dan Otomatis di Wikipedia Kota Samarinda, Kalimantan Timur

Juli 30-31 2015 Foto bersama peserta dan Pelatih.jpg

Pelatihan penulisan artikel secara manual dan dan otomatis di wikipedia dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 30-31 Juli 2015 di Kota Samarinda, Kalimantan Timur,Pelatihan ini adalah kelanjutan dari pelatihan pada 16-17 Februari 2015 di Hotel amaris, Pelatihan ini merupakan kerja sama antara Wikimedia Indonesia (WMID) dan Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) Indonesia dalam Proyek Pemetaan dan Transparansi di Kalimantan yang didanai oleh Making All Voices Count (MAVC). Selengkapnya... (30-31 Juli 2015)


Sarasehan Bahasa Minangkabau, Kampuang Nan Dakek Di Jari

Juli 29 2015 Foto bersama peserta dan pembicara.jpg

Wikimedia Indonesia dan Badan Pelindungan dan Pengembangan Bahasa menyelenggarakan acara Sarasehan Bahasa Minangkabau di Sentul, Jawa Barat. Dibuka oleh Ichsan Mochtar dari Wikimedia Indonesia dan Dr. Sugiyono dari Badan Pelindungan dan Pengembangan Bahasa. Dihadiri oleh 7 (tujuh) pembawa materi diantaranya: Dr. Sugiyono, Dr. H. Gusdi Sastra, M.Hum., Drs. Abdul Gaffar Ruskhan, M.Hum., Yus Dt Perpatih, Dr. Revo Arka Giri, Ahmad Fuadi dan Dr. Eva Krisna. Selengkapnya... (29 Juli 2015)


Ngabuburit Sambil Ngedit bersama peserta Wiki Raksa Basa Sunda (Sabanda)

-Sabanda- ngabuburit bandung 1.JPG

Panitia dan peserta lomba Wiki Sabanda serta Wikipediawan yang bertempat tinggal di Bandung dan sekitarnya mengadakan kopi darat dengan tema Ngabuburit Sambil Ngedit di Co & Co Space, Bandung, Jawa Barat. Dihadiri oleh panitia lomba: Ilham Nurwansah, Wikimedia Indonesia: Mariyanah, Nurleni Noertam, Biyanto Rebin, Muhamad Sulhan; Wikipediawan Bahasa Indonesia: Albertus Aditya; peserta Wiki Sabanda: Dena Setiawan, Sopiyulloh, Andi Gita Lesmana, Mega Lestari, Marisa Hartnes, hadir secara daring Yusuf Ramdani. Selanjutnya akan diadakan di Bogor dan Sukabumi (8 Juli 2015)


Pelatihan & Kompetisi Pemetaan

Pelatihan OSM.jpg

Upaya Pemetaan & Transparansi di Kalimantan memasuki tahap pelatihan kedua dimana dilakukan Pelatihan & Kompetisi Pemetaan untuk Open Street Map . Pemenang utama akan mendapatkan uang tunai senilai Rp. 7,5 juta, dan pemenang lainnya akan mendapatkan beberapa hadiah hiburan. Dipimpin oleh Harry dari tim HOT OSM Jakarta pelatihan selama tiga hari meliputi Pelatihan Pemetaan Digital Menggunakan OpenStreetMap, Pelatihan Survei Lapangan, dan Pengantar Kegiatan Kompetisi Pemetaan di Kota Samarinda. Selengkapnya.. (22-24 Juni 2015)


Wiki Klinik 2015

Wiki Klinik 2015.jpg

Apa yang telah, sedang, dan akan dilakukan oleh Perkumpulan? Wiki Klinik hadir untuk menjawabnya, diikuti oleh 17 (tujuh belas) orang, di antaranya Pendiri, Anggota Wikimedia 2015, dan Pengurus Wikimedia Indonesia bertempat di kantor bersama Jalan Pati No. 1, Menteng, Jakarta. Dijelaskanlah mengenai Proyek Pemetaan dan Transparansi di Kalimantan, Proyek Digitalisasi Karya Jawa Cetak, Proyek Wiki Sabanda, Proyek Bebaskan Pengetahuan 2014, Proyek Digitalisasi Konten, dan proyek-proyek lainnya. Selengkapnya.. (03 Mei 2015).


Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Wikimedia Indonesia dan Museum Dewantara Kirti Griya, Yogyakarta.

KARJA penandatanganan MOU.jpg

Kerjasama Proyek Digitalisasi 75 Naskah Karya Jawa Cetak koleksi Museum Dewantara Kirti Griya di Yogyakarta ditandatangani oleh Perwakilan Museum Dewantara Kirti Griya, Nyi Sri Muryani, Ketua Museum dan Ki Agus Purwanto, Pengelola Museum dan Wikimedia Indonesia diwakili oleh Christopher Allen Woodrich, penanggung jawab proyek, dan Prasetyo penggagas Wikipedia Bahasa Jawa, Pendiri, dan Dewan Pengawas. (04 Mei 2015)


Internasional

Sumbangan Foto pada masa Hindia Belanda oleh KITTV
KITLV and Buginese poem.jpg

Wikimedia Foundation melalui proyek GLAM-Wiki dengan subproyek Wikipedia in Residence melakukan proyek kerja sama dengan galeri, perpustakaan, lembaga arsip, dan museum untuk berbagi beragam berkas guna mendukung sumber terbuka bagi pengetahuan bebas. Salah satu proyek terbaru adalah kerja sama dengan Lembaga Kerajaan Ilmu Bahasa, Negara dan Antropologi (KITTV) dan menghasilkan sumbangan 1568 berkas dari masa Hindia Belanda. Kesemua berkas merupakan hasil karya Isidore van Kinsbergen (569 berkas), Kassian Cephas (976), dan Sam Cephas (23). Kassian Cephas sendiri merupakan pelopor fotografi Indonesia dan Sam Cephas adalah anak pertamanya Selengkapnya baca di halaman Commons



Wikimania 2015 akan diselenggarakan di Mexico City, Meksiko.

Wikimania Mexico City.png

Mexico City secara resmi akan menjadi tuan rumah Wikimania ke-11 pada 15-19 Juli 2015. Selain London, kota lain yang ikut mencalonkan diri adalah Cape Town, Afrika Selatan dan Monastir, Tunisia. Selengkapnya via situs Wikimania 2015 (Mei 2014)


Wikimedia Conference 2015 akan diselenggarakan di Zurich, Swiss

Wikimedia CH Logo.png

Pertemuan internasional organisasi-organisasi lokal Wikimedia di tahun 2015 akan bertempat di Zurich, Swiss. Selengkapnya via meta (Oktober 2014)


Lisensi bebas dan hak cipta kebebasan panorama kini diakui dalam hukum Rusia

Rusia mengakui freedom of panorama dan lisensi bebas.png

Wikimedia Rusia akhirnya berhasil meyakinkan pemerintah Rusia untuk mengakui lisensi bebas dan hak cipta kebebasan panorama melalui hukum Rusia (Russian Civil Code). Hal ini penting bagi pengembangan perangkat lunak bebas dan upaya seperti Wikipedia!. Lebih dari 400 permintaan untuk menghapus berbagai foto dari Wikimedia Commons kini dibatalkan dan banyak foto direstorasi Selengkapnya via blog Wikimedia Foundation (dalam bahasa Inggris) (Oktober 2014)



Proyek-proyek Wikimedia Foundation

Wikimedia Indonesia mendukung tapi tidak menaungi proyek-proyek wiki Wikimedia Foundation dalam bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa lain yang digunakan di Indonesia.

Kami mendorong Anda untuk turut menyumbangkan kontribusi Anda di proyek-proyek wiki tersebut:

* Masih dalam Incubator


Kebijakan privasi: Ketika Anda menjelajah situs-situs web dalam proyek Wikimedia, kami tidak akan mengumpulkan informasi lebih dari apa yang biasanya dikumpulkan log-log server. Jika Anda berkontribusi (menulis/menyunting) di salah satu bagian dari situs Wikimedia Indonesia, Anda telah mempublikasikan kepada publik setiap kata yang Anda simpan. Anda harus mengasumsikan bahwa apa pun yang Anda tuliskan akanlah tetap ada untuk selama-lamanya. Ini termasuk artikel-artikel, halaman-halaman pengguna, halaman-halaman pembicaraan, dan halaman-halaman lainnya di situs-situs web tersebut.