Halaman Utama

Halaman Utama

Dari Wikimedia Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari

Temukan Wikimedia Indonesia di Twitter @wikimediaid Facebook: Wikimedia Indonesia

Dukung kami

Wikimedia Indonesia bersandar terutama atas dukungan individual. Anda dapat berpartisipasi membantu Wikimedia Indonesia menjalankan misinya dengan menyumbang dana maupun tenaga. Lihat halaman Proyek kami untuk berbagai kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perkumpulan selengkapnya.

Menyumbang sekarang »
Menjadi anggota »


Proyek

Pembuatan modul pemetaan untuk OSM dan pembuatan artikel bot di Wikipedia Bahasa Indonesia dan Bahasa Banjar melalui pelatihan oleh mitra organisasi yang berada di Kalimantan. Indikator kesuksesan proyek meliputi digunakannya modul yang telah dibuat dalam kontribusi ke dalam peta digital dan dibacanya artikel artikel mengenai Kalimantan yang dibuat oleh bot di Wikipedia bahasa Indonesia. Upaya ini adalah bagian dari hibah terbuka Making All Voices Count dan merupakan kerjasama proyek antar organisasi pertama antara Wikimedia Indonesia dan HOT OSM.

Didukung oleh:

Upaya dokumentasi dan pemeliharaan bahasa Sunda dalam bentuk teks (tulisan dan multimedia) melalui situs web Wikipedia Bahasa Sunda. Upaya ini dirancang bertingkat sebagai permainan daring berjenjang, dimana para pemain selain melestarikan bahasa sunda, belajar berkomunitas, berjejaring, bekerjasama, namun juga mengalahkan satu sama lain melalui skor. Setiap jenjang memiliki hadiah. Seperti permainan daring lainnya, setiap pemain bisa saja gugur. Apabila ini terjadi maka pemain harus mengulang kembali dari tingkat di mana ia gugur. Tujuannya juga untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya pemain, sehingga upaya ini berkesinambungan.

Didukung oleh:

Wikimedia Indonesia (WMID), Humanitarian Open Street Map (HOT OSM) dan World Wide Web Foundation untuk Jakarta Open Lab sepakat untuk berbagi sumber daya (markas bekerja). Kerjasama termasuk WMID sebagai organisasi lokal di Indonesia menangani urusan keadministrasian proyek yang transparan. Kesepakatan ini berdurasi selama satu tahun Juni 2014-Juli 2015.
Didukung oleh:

Kompetisi yang akan diikuti oleh 90 peserta dari 10 perguruan tinggi di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta ini dirancang untuk mendukung program Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Pusaka Kemenkokesra.

Didukung oleh:

Mitra Media:


Hibah terbuka yang mengajak individu, komunitas, atau organisasi untuk memunculkan inisiatif-inisiatif perubahan sosial yang lebih adil, dengan menggunakan teknologi seluler. Hibah terbuka ini menyediakan dukungan dana sebesar 750 ribu dolar AS, bagi inisiatif-inisiatif teknologi seluler terbaik yang dapat dimodifikasi dan dicontoh untuk diterapkan di daerah lain.
Didukung oleh:

Permohonan hibah untuk pembelian kamera DSLR dan lensa tele untuk kontributor Wikimedia Commons Arief Rahman untuk mendokumentasikan satwa terutama burung-burung di Sulawesi. Permohonan hibah ini dikabulkan oleh Wikimedia Foundation via Wikimedia Indonesia. Dukungan Wikimedia Indonesia adalah dengan pembiayaan dan pelatihan Arief dari Menado ke Jakarta.
Didukung oleh:


  • Lokakarya/ Seminar/ Pertemuan:

Templat:Partisipasi-id/WMID2014-JMR2014 Templat:Partisipasi-id/WMID2014-OpenGovBali Templat:Partisipasi-id/WMID2014-WikimediaConf2014 Templat:Partisipasi-id/WMID2014-Wikimania2014

Sekilas Dewan

Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus Wikimedia Indonesia adalah dua dewan pelaksana dalam Wikimedia Indonesia, yang mendapatkan kekuasaan dari Rapat Umum Anggota untuk mengarahkan aktivitas organisasi.

Berita terbaru

Indonesia

Kopernick

Penyelamatan Bahasa Daerah Melalui Komunitas di Internet

Apa pentingnya menggunakan bahasa daerah untuk wikipedia? Mengapa harus ada artikel mengenai kucing dalam Bahasa Jawa? Bahasa Sunda? Tidakkah semua pembaca artikel Bahasa tersebut pastinya sudah bisa berbahasa Indonesia? Bahkan Inggris? Apa pentingnya Bahasa Daerah? Telusuri hasil diskusi "Jagongan Media Rakyat" dalam memberi makna terhadap penyelamatan bahasa daerah melalui komunitas di internet. Laporan selengkapnya (25 Oktober 2014)


Upaya perekrutan dan regenerasi perkumpulan (Jakarta)

Wikimedia Indonesia mengundang mantan peserta Bebaskan Pengetahuan 2014 yang berhasil lolos untuk mengambil sertifikat keikutsertaan kompetisi yang ditandatangani Kemenkokesra dan Wikimedia Foundation. Pada kesempatan ini juga dilakukan perekrutan terhadap Hillun Villay Napis sebagai kontributor blog Cipta Media Seluler dan Vanessa Winona sebagai kontributor proyek Pemetaan di Kalimantan. Untuk peserta lainnya ditawarkan berbagai proyek yang mungkin sesuai ketertarikannya. (18 Oktober 2014)


Wikimedia Pulang Kampung (Pulkam)

Upaya pelatihan informal sebagai jembatan penghubung antara teman-teman Wikipediawan dan Wikipediawati di daerah dan juga bisa menjadikan ajang pertemuan antara para Wikipediawan. Digagas oleh Ichsan Mochtar dan ditanggapi dengan senang hati oleh Biyanto Rebin yang menjadi sukarelawan pelatih di Purwokerto atas permintaan Pak Yossy dari Gerakan Desa Membangun. Selengkapnya via Wikipedia bahasa Indonesia (15 Oktober 2014)


Templat:News-id/WI 2014-09

Wikimania 2015 (London)

Ketua Dewan Pengawas Wikimedia Indonesia Ichsan Mochtar dan pemenang kompetisi menulis "Bebaskan Pengetahuan 2014" Danang Kurniawan bertolak ke London, Inggris untuk menghadiri konferensi internasional tahunan Wikimania 2015. Keberangkatan Ichsan didanai oleh Wikimedia Foundation. Selengkapnya via Satuharapan.com (Agustus 2014)


Cipta Media Seluler Membiayai 12 Proyek Seluler & Aplikasi Ponsel Untuk Kehidupan Yang Lebih Adil

Pengumuman pembiayaan untuk 12 proyek aplikasi seluler dan ponsel oleh hibah CMS. Diantaranya aplikasi akses ke layanan pekerjaan bagi orang-orang difabel, hingga ke layanan pesan pendek (sms), dan pemetaan warga untuk mengatasi berbagai masalah seperti pengelolaan sampah, transparansi pemerintah, kesehatan dan kebebasan beragama. Siaran pers selengkapnya (20 Juni 2014)


Peresmian Ruang Kerja Bersama antara Wikimedia Indonesia, Humanitarian Open Street Map, dan World Wide Web Foundation

Wikimedia Indonesia resmi menempati ruang kerjanya yang baru di bilangan Menteng, Jakarta Pusat. Ruang kerja ini ditempati bersama dengan organisasi lainnya dengan tujuan serupa: konten dan lisensi bebas di ranah digital, yaitu Humanitarian Open Street Map dan World Wide Web Foundation. Kolaborasi antar ketiga organisasi nirlaba juga dilakukan dalam hal administrasi dan operasional. Sebagai bagian dari acara peresmian, diadakan makan malam bersama serta ramah tamah yang dihadiri oleh anggota dan staf dari masing-masing organisasi tersebut serta tamu-tamu mitra organisasi seperti dari ICT Watch, Ford Foundation, dan Rujak. Selengkapnya - (Juni 2014)


Serah terima kamera

Proyek tahap I Wikimedia Commons untuk Dokumentasi Satwa Sulawesi secara resmi berakhir saat Isabella Apriyana, Wakil Sekretaris Jendral WMID menyerahkan hibah perlengkapan kamera kepada Arief Rahman. Perlengkapan kamera beserta lensa ini adalah bagian dari upaya mendokumentasikan satwa Sulawesi yang merupakan hibah dari Wikimedia Foundation. Selengkapnya via Meta Wikimedia (Inggris) (28 Mei 2014)


Bebaskan Pengetahuan 2014 Pengumuman Peringkat Lima Besar

Kompetisi menulis Wikipedia bahasa Indonesia “Bebaskan Pengetahuan 2014” memasuki putaran kedua dengan tema “kesejahteraan rakyat” dan terkait erat dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Pusaka yang merupakan program dari Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat. Sebanyak lebih dari 600 artikel panjang dihasilkan selama dua putaran. Selengkapnya via Chip.co.id (20 Mei 2014)


Internasional

Wikimania 2014 akan diselenggarakan di London, Inggris.

London secara resmi akan menjadi tuan rumah Wikimania ke-10 pada 8-10 Agustus 2014. Selain London, kota lain yang ikut mencalonkan diri adalah Arusha, Tanzania. Selengkapnya melalui situs Meta Wikimedia (Mei 2013)



Proyek-proyek Wikimedia Foundation

Wikimedia Indonesia mendukung tapi tidak menaungi proyek-proyek wiki Wikimedia Foundation dalam bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa lain yang digunakan di Indonesia.

Kami mendorong Anda untuk turut menyumbangkan kontribusi Anda di proyek-proyek wiki tersebut:

* Masih dalam Incubator


Kebijakan privasi: Ketika Anda menjelajah situs-situs web dalam proyek Wikimedia, kami tidak akan mengumpulkan informasi lebih dari apa yang biasanya dikumpulkan log-log server. Jika Anda berkontribusi (menulis/menyunting) di salah satu bagian dari situs Wikimedia Indonesia, Anda telah mempublikasikan kepada publik setiap kata yang Anda simpan. Anda harus mengasumsikan bahwa apa pun yang Anda tuliskan akanlah tetap ada untuk selama-lamanya. Ini termasuk artikel-artikel, halaman-halaman pengguna, halaman-halaman pembicaraan, dan halaman-halaman lainnya di situs-situs web tersebut.