Halaman Utama

Halaman Utama

Dari Wikimedia Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari

Temukan Wikimedia Indonesia di Twitter @wikimediaid Facebook: Wikimedia Indonesia

Dukung kami

Wikimedia Indonesia bersandar terutama atas dukungan individual. Anda dapat berpartisipasi membantu Wikimedia Indonesia menjalankan misinya dengan menyumbang dana maupun tenaga. Lihat halaman Proyek kami untuk berbagai kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perkumpulan selengkapnya.

Menyumbang sekarang »
Menjadi anggota »


Proyek

Kompetisi yang akan diikuti oleh 90 peserta dari 10 perguruan tinggi di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta ini dirancang untuk mendukung program Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Pusaka Kemenkokesra.

Didukung oleh:

Mitra Media:


Hibah terbuka yang mengajak individu, komunitas, atau organisasi untuk memunculkan inisiatif-inisiatif perubahan sosial yang lebih adil, dengan menggunakan teknologi seluler. Hibah terbuka ini menyediakan dukungan dana sebesar 750 ribu dolar AS, bagi inisiatif-inisiatif teknologi seluler terbaik yang dapat dimodifikasi dan dicontoh untuk diterapkan di daerah lain.
Didukung oleh:

Permohonan hibah untuk pembelian kamera DSLR dan lensa tele untuk kontributor Wikimedia Commons Arief Rahman untuk mendokumentasikan satwa terutama burung-burung di Sulawesi. Permohonan hibah ini dikabulkan oleh Wikimedia Foundation via Wikimedia Indonesia. Dukungan Wikimedia Indonesia adalah dengan pembiayaan dan pelatihan Arief dari Menado ke Jakarta.
Didukung oleh:

Kesepakatan kerjasama antara Wikimedia Indonesia (WMID) dan Humanitarian Open Street Map (HOT OSM) untuk berbagi sumber daya (markas bekerja). Kerjasama termasuk WMID sebagai organisasi lokal di Indonesia menangani urusan keadministrasian proyek yang transparan. Kesepakatan ini berdurasi selama satu tahun Juni 2013- Juni 2014.
Didukung oleh:


  • Lokakarya/ Seminar/ Pertemuan:
21-26 Oktober 2013, Nusa Dua, Bali - Internet Governance Forum 2013
Internet Governance Forum 2013 (IGF 2013) atau Forum Tata Kelola Internet 2013 yang merupakan acara tahunan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) diadakan di Nusa Dua, Bali, Indonesia pada 21-26 Oktober 2013. Forum ini melibatkan pemangku kepentingan majemuk (multi-stake :holder) yang terdiri atas perwakilan pemerintah, swasta dan masyarakat sipil dari negara-negara di seluruh dunia. Wikimedia Indonesia :mengirimkan perwakilannya; Siska Doviana dan Ivonne Kristiani ke IGF ini dengan dana bantuan dari Indonesian International Education Foundation.
(laporan selengkapnya)


21 Oktober 2013, Jakarta - World Economic Forum 2013 & 2
Bertempat di GroupM, Tempo Scan Tower, Kuningan, Jakarta, Wikimedia Indonesia dan Creative Commons Indonesia berpartisipasi pada diskusi World Economic Forum Jakarta Panel: Norma dan Nilai di Media Digital Dalam Membentuk Solusi Untuk Era Baru. Diskusi ini adalah agenda industri untuk memetakan bagaimana teknologi mengubah praktek-praktek kreatifitas mulai dari ekosistem penciptaannya, hak cipta, akses, konsumen, partisipasi dan kolaborasi global. Diprakarsai oleh World Economic Forum dan merupakan satu dari dua acara diskusi yang dilaksanakan di Indonesia, dimana acara kedua dilaksanakan di Bali pada saat pertemuan internasional Internet Governance Forum 2013.
(laporan selengkapnya)


18 Juli 2013, Jakarta - Diskusi Internet Governance Forum (IGF).
ICT Watch, ID-CONFIG, dan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) mengadakan diskusi pra pelaksanaan Internet Governance Forum (IGF) dengan mengundang beberapa organisasi serta komunitas sebagai pemangku kepentingan dalam tata kelola internet di Indonesia. Acara ini diadakan di kantor ICT Watch dan dihadiri oleh antara lain perwakilan dari Nawala, Our Voice, serta CIPG. Selain membahas mengenai rencana pelaksanaan IGF pada Oktober 2013 mendatang di Bali, diskusi ini juga membicarakan mengenai isu-isu tata kelola internet oleh pemerintah seperti metode penapisan situs web yang belum memiliki standar operasi yang jelas serta legitimasi badan pemerintah yang memiliki database situs web yang difiltrasi. (selengkapnya mengenai IGF..)

Sekilas Dewan

Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus Wikimedia Indonesia adalah dua dewan pelaksana dalam Wikimedia Indonesia, yang mendapatkan kekuasaan dari Rapat Umum Anggota untuk mengarahkan aktivitas organisasi.

Berita terbaru

Indonesia

Peresmian Ruang Kerja Bersama antara Wikimedia Indonesia, Humanitarian Open Street Map, dan World Wide Web Foundation

Pada bulan Juni 2014, Wikimedia Indonesia resmi menempati ruang kerjanya yang baru di bilangan Menteng, Jakarta Pusat. Ruang kerja ini ditempati bersama dengan organisasi lainnya yang juga memperjuangkan konten bebas serta lisensi bebas di ranah digital, yaitu Humanitarian Open Street Map dan World Wide Web Foundation. Tidak hanya itu, kolaborasi juga dilakukan diantara ketiga organisasi nirlaba ini dalam hal administrasi dan operasional. Sebagai bagian dari acara peresmian, diadakan makan malam bersama serta ramah tamah pada 20 Juni yang dihadiri oleh anggota dan staf dari masing-masing organisasi tersebut serta tamu-tamu dari organisasi lainnya seperti dari ICT Watch, Ford Foundation, dan Rujak.

Selengkapnya (Juni 2014)


Open Government Partnership Asia Pacific

Wikimedia Indonesia dan Humanitarian Open Street Map mengirimkan perwakilannya dalam konferensi "Open Government Partnership Asia Pacific" yang diadakan oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4). Konferensi berlangsung selama dua hari di Nusa Dua, Bali, dan membahas mengenai bagaimana menciptakan lingkungan yang mendukung bagi keterbukaan serta permasalahan, solusi, dan kisah sukses dari negara-negara lain yang berhasil menerapkan keterbukaan dalam pemerintahannya. Selengkapnya (Mei 2014)


Wikimedia Conference 2014, 11-13 April 2014 di Berlin, Jerman Pertemuan internasional antar mitra Asosiasi Lokal Wikimedia 2014 adalah pertemuan rutin tahunan yang dihadiri oleh seluruh Asosiasi Lokal Wikimedia (Chapters) bersama dewan dan staf Yayasan Wikimedia (Wikimedia Foundation). Sebanyak 140 orang peserta dari 40 negara menghadiri pertemuan tahun ini. Acara ini diselenggarakan dan disponsori oleh Wikimedia Jerman. (Laporan selengkapnya..)


(April 2014)


Wikimedia Indonesia mengadakan Rapat Umum Anggota ke VI & Wikimedia Klinik

Wikimedia Indonesia menggelar Rapat Umum Anggota (RUA) ke-VI pada 21 Desember 2013. Rapat tahunan ini dihadiri oleh 15 orang anggota serta 3 orang non-anggota, termasuk 4 orang anggota delegasi Wikipedia Bahasa Jawa yang datang dari Semarang dan 1 orang anggota delegasi Wikipedia Basa Aceh yang datang dari Banda Aceh. Dalam pertemuan ini terjadi diskusi mengenai tujuan organisasi selama tiga tahun ke depan serta ide-ide program yang akan dijalankan di tahun 2014. Sementara itu, Wikimedia Klinik yang diperuntukkan bagi anggota yang baru bergabung diadakan pada 20 Desember 2013 dengan dihadiri 6 orang anggota.

Selengkapnya... (Desember 2013)


Minggu Ponsel Wikimedia

Carolynne Schloeder, Direktur Program Program Seluler dari Wikimedia Foundation datang ke Indonesia dalam rangka tur keliling beberapa negara di Asia. Di Indonesia Carolynne bertemu dengan XL Axiata untuk membahas wikipedia.zero, komunitas Wikipedia bahasa Indonesia, dan markas Wikimedia Indonesia untuk bersilaturahmi. Selengkapnya (November 2013)


Pertemuan Komunitas Pencinta Wiki

Pada tanggal 2 November 2013, Komunitas Pencinta Wiki diselenggarakan di markas Wikimedia Indonesia. Hadir beberapa peserta baru dan pengguna lama pada pertemuan ini. Selengkapnya (November 2013)


World Economic Forum Jakarta Panel: Norma dan Nilai di Media Digital Dalam Membentuk Solusi Untuk Era Baru

Agenda industri untuk memetakan bagaimana teknologi mengubah praktek-praktek kreatifitas mulai dari ekosistem penciptaannya, hak cipta, akses, konsumen, partisipasi dan kolaborasi global. Acara diskusi ini diprakarsai oleh World Economic Forum dan merupakan satu dari dua acara diskusi yang dilaksanakan di Indonesia. Acara kedua dilaksanakan di Bali pada saat pertemuan internasional Internet Governance Forum 2013. Wikimedia Indonesia dan Creative Commons Indonesia berpartisipasi pada diskusi, acara dibuka oleh Mari Eka Pangestu. Selengkapnya (Oktober 2013)


Komunitas Pecinta Wiki di Social Media Festival 2013

Komunitas Pecinta Wiki yang dipimpin oleh Ricky Setiawan berpartisipasi dalam bilik wikipedia dalam acara Social Media Festival, yang diselenggarakan di Jakarta pada 12-13 Oktober 2013. Bilik Wikipedia berkolaborasi bersama komunitas PESxWE dan Sentral Komunitas IT. Selengkapnya (Oktober 2013)


Peresmian Ruang Kerja dan Proyek Bersama WMID-OSM

Wikimedia Indonesia berkolaborasi dengan Humanitarian Open Street Map (HOT-OSM) dalam menjalankan operasional administrasi organisasi serta berbagi ruangan kerja bersama di Thamrin Residence, Jakarta Pusat. Pada 2 September yang lalu, diadakan acara peresmian ruangan kerja tersebut sekaligus acara ramah tamah antara staf Wikimedia Indonesia dan staf Humanitarian Open Street Map. Acara ramah tamah ini diisi dengan pesta barbekyu dan makan malam bersama. Selengkapnya (September 2013)


Internasional

Wikimania 2014 akan diselenggarakan di London, Inggris.

London secara resmi akan menjadi tuan rumah Wikimania ke-10 pada 8-10 Agustus 2014. Selain London, kota lain yang ikut mencalonkan diri adalah Arusha, Tanzania. Selengkapnya melalui situs Meta Wikimedia (Mei 2013)



Proyek-proyek Wikimedia Foundation

Wikimedia Indonesia mendukung tapi tidak menaungi proyek-proyek wiki Wikimedia Foundation dalam bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa lain yang digunakan di Indonesia.

Kami mendorong Anda untuk turut menyumbangkan kontribusi Anda di proyek-proyek wiki tersebut:

* Masih dalam Incubator


Kebijakan privasi: Ketika Anda menjelajah situs-situs web dalam proyek Wikimedia, kami tidak akan mengumpulkan informasi lebih dari apa yang biasanya dikumpulkan log-log server. Jika Anda berkontribusi (menulis/menyunting) di salah satu bagian dari situs Wikimedia Indonesia, Anda telah mempublikasikan kepada publik setiap kata yang Anda simpan. Anda harus mengasumsikan bahwa apa pun yang Anda tuliskan akanlah tetap ada untuk selama-lamanya. Ini termasuk artikel-artikel, halaman-halaman pengguna, halaman-halaman pembicaraan, dan halaman-halaman lainnya di situs-situs web tersebut.