Halaman Utama

Halaman Utama

Dari Wikimedia Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari

Temukan Wikimedia Indonesia di Twitter @wikimediaid Facebook: Wikimedia Indonesia

Dukung kami

Wikimedia Indonesia bersandar terutama atas dukungan individual. Anda dapat berpartisipasi membantu Wikimedia Indonesia menjalankan misinya dengan menyumbang dana maupun tenaga. Lihat halaman Proyek kami untuk berbagai kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perkumpulan selengkapnya.

Menyumbang sekarang »
Menjadi anggota »


Proyek

Wikimedia Indonesia bekerja sama dengan Museum Tamansiswa Dewantara Kirti Griya, Yogyakarta, menyelenggarakan proyek digitalisasi 75 teks cetak Jawa dari Mei hingga Juli 2015. Upaya ini dirancang untuk mendigitalisasikan teks-teks bahasa Jawa dalam koleksi Museum Tamansiswa Dewantara Kirti Griya, Yogyakarta. Hasil dari proyek ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, peneliti dan serta peminat bahasa dan sastra Jawa, sehingga nilai kebudayaan teks dapat dilestarikan dan disosialisasi.

Didukung oleh:

Pembuatan modul pemetaan untuk OSM dan pembuatan artikel bot di Wikipedia Bahasa Indonesia dan Bahasa Banjar melalui pelatihan oleh mitra organisasi yang berada di Kalimantan. Indikator kesuksesan proyek meliputi digunakannya modul yang telah dibuat dalam kontribusi ke dalam peta digital dan dibacanya artikel artikel mengenai Kalimantan yang dibuat oleh bot di Wikipedia bahasa Indonesia. Upaya ini adalah bagian dari hibah terbuka Making All Voices Count dan merupakan kerjasama proyek antar organisasi pertama antara Wikimedia Indonesia dan HOT OSM.

Didukung oleh:

Upaya dokumentasi dan pemeliharaan bahasa Sunda dalam bentuk teks (tulisan dan multimedia) melalui situs web Wikipedia Bahasa Sunda. Upaya ini dirancang bertingkat sebagai permainan daring berjenjang, dimana para pemain selain melestarikan bahasa sunda, belajar berkomunitas, berjejaring, bekerjasama, namun juga mengalahkan satu sama lain melalui skor. Setiap jenjang memiliki hadiah. Seperti permainan daring lainnya, setiap pemain bisa saja gugur. Apabila ini terjadi maka pemain harus mengulang kembali dari tingkat di mana ia gugur. Tujuannya juga untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya pemain, sehingga upaya ini berkesinambungan.

Didukung oleh:

Wikimedia Indonesia (WMID), Humanitarian Open Street Map (HOT OSM) dan World Wide Web Foundation untuk Jakarta Open Lab sepakat untuk berbagi sumber daya (markas bekerja). Kerjasama termasuk WMID sebagai organisasi lokal di Indonesia menangani urusan keadministrasian proyek yang transparan. Kesepakatan ini berdurasi selama satu tahun Juni 2014-Juli 2015.
Didukung oleh:

Kompetisi yang akan diikuti oleh 90 peserta dari 10 perguruan tinggi di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta ini dirancang untuk mendukung program Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Pusaka Kemenkokesra.

Didukung oleh:

Mitra Media:


Hibah terbuka yang mengajak individu, komunitas, atau organisasi untuk memunculkan inisiatif-inisiatif perubahan sosial yang lebih adil, dengan menggunakan teknologi seluler. Hibah terbuka ini menyediakan dukungan dana sebesar 750 ribu dolar AS, bagi inisiatif-inisiatif teknologi seluler terbaik yang dapat dimodifikasi dan dicontoh untuk diterapkan di daerah lain.
Didukung oleh:

Permohonan hibah untuk pembelian kamera DSLR dan lensa tele untuk kontributor Wikimedia Commons Arief Rahman untuk mendokumentasikan satwa terutama burung-burung di Sulawesi. Permohonan hibah ini dikabulkan oleh Wikimedia Foundation via Wikimedia Indonesia. Dukungan Wikimedia Indonesia adalah dengan pembiayaan dan pelatihan Arief dari Menado ke Jakarta.
Didukung oleh:


  • Lokakarya/ Seminar/ Pertemuan:
23-26 Oktober 2014, Yogyakarta, Indonesia - Jagongan Media Rakyat
Jagongan Media Rakyat 2014 adalah sebuah konferensi yang diadakan oleh Combine Institute dan diselenggarakan sebagai ajang bagi pelaku media komunitas untuk berdiskusi. Dengan tema "Berkumpul, Berbagi, Bergerak", Wikimedia Indonesia ikut berpartisipasi sebagai pembicara pada sesi "Penyelamatan Bahasa Daerah Melalui Komunitas di Internet" yang dibawakan oleh Ketua Umum Siska Doviana.
Laporan selengkapnya


8 - 10 Agustus 2014, London, Inggris - Wikimania 2014
Wikimania 2014 adalah sebuah konferensi internasional yang diadakan rutin setiap tahun sejak 2005. Acara ini diselenggarakan sebagai ajang bagi seluruh sukarelawan proyek-proyek Wikimedia (seperti Wikipedia, WikiSumber, Commons, dll) untuk berkumpul, berdiskusi, serta bertukar pikiran mengenai pengetahuan bebas. Untuk tahun 2014 Wikimedia Indonesia mengutus Danang Kurniawan sebagai pemenang kompetisi menulis Bebaskan Pengetahuan 2014 dan Ichsan Mochtar, Ketua Dewan Pengawas, yang mendapatkan beasiswa dari komite Wikimania 2014.
Laporan selengkapnya


6-7 Mei 2014, Bali, Indonesia - Open Government Partnership Asia Pasific 2014
Inisiatif konferensi regional pertama yang diadakan di Asia sejak dibentuknya Open Government Partnership. Konferensi dengan tema "Unlocking Innovative Openness: Impetus to Greater Citizen Engagement" (Menyingkapkan Keterbukaan Inovatif: Dorongan untuk Keterlibatan Masyarakat yang Lebih Luas) memiliki beberapa sesi. Wikimedia Indonesia mengirimkan perwakilannya; Siska Doviana dan Ivonne Kristiani dengan organisasi.
(laporan selengkapnya)


11 - 13 April 2014 di Berlin, Jerman - Wikimedia Conference 2014
Pertemuan internasional antar mitra Asosiasi Lokal Wikimedia 2014 adalah pertemuan rutin tahunan yang dihadiri oleh seluruh Asosiasi Lokal Wikimedia (Chapters) bersama dewan dan staf Yayasan Wikimedia (Wikimedia Foundation). Sebanyak 140 orang peserta dari 40 negara menghadiri pertemuan tahun ini. Acara ini diselenggarakan dan disponsori oleh Wikimedia Jerman.
Laporan selengkapnya


Sekilas Dewan

Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus Wikimedia Indonesia adalah dua dewan pelaksana dalam Wikimedia Indonesia, yang mendapatkan kekuasaan dari Rapat Umum Anggota untuk mengarahkan aktivitas organisasi.

Berita terbaru

Indonesia

Wiki Klinik 2015

Apa yang dilakukan oleh Perkumpulan? Wiki Klinik hadir untuk menjawabnya, diikuti oleh 17 (tujuh belas) orang, di antaranya Pendiri, Anggota Wikimedia 2015, dan Pengurus Wikimedia Indonesia bertempat di kantor bersama Jalan Pati No. 1, Menteng, Jakarta. Dijelaskanlah mengenai Proyek Pemetaan dan Transparansi di Kalimantan, Proyek Digitalisasi Karya Jawa Cetak, Proyek Wiki Sabanda, Proyek Bebaskan Pengetahuan 2014, Proyek Digitalisasi Konten, dan proyek-proyek lainnya. Selengkapnya di sini (03 Mei 2015).


Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Wikimedia Indonesia dan Museum Dewantara Kirti Griya, Yogyakarta.

Kerjasama Proyek Digitalisasi 75 Naskah Karya Jawa Cetak koleksi Museum Dewantara Kirti Griya di Yogyakarta ditandatangani oleh Perwakilan Museum Dewantara Kirti Griya, Nyi Sri Muryani, Ketua Museum dan Ki Agus Purwanto, Pengelola Museum dan Wikimedia Indonesia diwakili oleh Christopher Allen Woodrich, penanggung jawab proyek, dan Prasetyo penggagas Wikipedia Bahasa Jawa, Pendiri, dan Dewan Pengawas (04 Mei 2015)


Pertemuan antara Wikimedia Indonesia dengan Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa, Sentul.

Tanggal 23 April 2015, Wikimedia Indonesia melakukan pertemuan dengan Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa di Sentul. Pertemuan ini merupakan langkah awal Wikimedia Indonesia dalam proyek pelestarian Bahasa Minangkabau. Hasil dari pertemuan ini akan dilanjutkan dalam sarasehan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Dari Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dihadiri oleh Bapak Abdul Gaffar Ruskhan selaku Peneliti Bahasa dan Bapak Azhari Dasman selaku Kasubid Pembakuan, dari Wikimedia Indonesia dihadiri oleh Ichsan Mochtar, Mariyanah, dan Rachmat Wahidi. Berita selengkapnya dapat diakses di sini


Pertemuan dengan Aliansi Jurnalis Independen

Tanggal 16 April 2015, Wikimedia Indonesia dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mengadakan pertemuan untuk membahas kerja sama dalam bidang digitalisasi. AJI berencana mendigitalkan koleksi-koleksi terbitan tahun 1994 hingga 2010 yang masih berbentuk fisik (hard copy). Pertemuan ini dihadiri oleh Siska Doviana, Biyanto Rebin, Mariyanah, Rachmat Wahidi, Catur Ratna Wulandari (AJI), Arfi Bambani (AJI), dan Wenri Wanhar (AJI). Berita selengkapnya dapat diakses di di sini (16 April 2015).


Pelatihan penulisan artikel Wikipedia OSF

Tanggal 29 Maret 2015, Wikimedia bersama-sama dengan ESQ Business School mengadakan pelatihan penulisan artikel Wikipedia Bahasa Indonesia di kantor bersama Wikimedia Indonesia, Jalan Pati No. 1, Menteng, Jakarta Pusat. Pelatihan ini diikuti oleh 8 orang peserta dari mahasiswa ESQ Business School dan 3 orang pelatih dari Wikimedia: Isabella Apriyana, Biyanto Rebin, dan Rachmat Wahidi. Berita selengkapnya dapat diakses di sini (06 April 2015).


Temu Wicara dan Berbagi Cerita dalam Acara "Open Data for Non-Profit"

Dalam rangka memperingati hari Data Terbuka (Open Data) Humanitarian OpenStreetMap dan Open Data Labs mengadakan temu wicara dan berbagi cerita tentang data terbuka untuk organisasi nirlaba pada hari Sabtu, 21 Februari 2015 di kantor bersama Wikimedia, HOT OSM, dan ODL. Acara ini dihadiri oleh 15 (lima belas) orang peserta dari berbagai organisasi. Berita selengkapnya dapat diakses di sini (11 Maret 2015).


Pelatihan Penulisan Wikimedia Samarinda 2015

Pelatihan penulisan Wikipedia di samarinda merupakan salah satu program dari Proyek Pemetaan dan Transparansi di Kalimantan khususnya Kalimantan Timur. Wikimedia bekerjasama dengan Humanitarian OpenStreetMap (HOT). Proyek ini didanai oleh Making All Voices Count (MAVC). Pelatihan ini dilakukan selama 2 (dua) hari pada tanggal 16-17 Februari 2015 di Hotel Amaris, Samarinda. Pelatihan ini melibatkan Vanessa Winona sebagai pelatih dari Wikimedia Indonesia. Berita selengkapnya dapat diakses di sini (09 April 2015).


Pendaftaran Anggota Baru Wikimedia Indonesia tahun 2015

Pendaftaran anggota baru Wikimedia Indonesia untuk periode tahun 2015 telah dibuka sejak awal Januari 2015. Untuk yang berminat untuk menjadi anggota Wikimedia dapat mengisi formulir secara daring, keanggotaan terbuka untuk umum yang telah berusia diatas 17 tahun. Anggota baru yang telah mendaftar akan mendapatkan kartu anggota dan kalender 2015. Formulir pendaftaran dapat diakses di sini (25 Feb 2015).


Rapat Umum Anggota ke-VII Tahun 2014

Pada tanggal 06 Desember 2014, Wikimedia Indonesia kembali mengadakan Rapat Umum Anggota yang dihadiri oleh Dewan Pengurus, Dewan Pengawas dan beberapa anggota Wikimedia tahun 2014, baik dari luar kota maupun yang berdomisili di Jakarta. Di rapat tersebut juga hadir beberapa anggota yang ikut serta secara daring dan Skype. Ketetapan Rapat dapat dilihat di Ketetapan Rapat Umum Anggota ke-VII (06 Des 2014)


Pelatihan Wikipedia Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)

Pada bulan Juni 2014 Wikimedia Indonesia diundang untuk bertemu perwakilan LKPP untuk memberi masukan mengenai konten terkait pengadaan agar dapat tersedia dalam jaringan (online). Pada akhir bulan November diselenggarakanlah latihan menulis pertama antara staff LKPP dengan Wikimedia Indonesia untuk mempopulasi istilah istilad pengadaan di Wikipedia bahasa Indonesia Lihat hasil pelatihan via portal pengadaan WBI (28 Nov 2014)


Bagaimana mengukur dampak dari upaya sosial?

Kopernik meluncurkan katalog mengukur dampak dari upaya sosial menggunakan teknologi seluler dan aplikasi. Upaya ini dibiayai oleh Rockerfeller Foundation dengan memetakan aplikasi aplikasi apa saja yang dapat diakses oleh organisasi kecil dan medium yang tidak memiliki kemampuan teknologi, namun ingin dapat memvisualisasikan data yang berhasil mereka kumpulkan pada umum sebagai laporan agar dapat lebih dimengerti. Laporan selengkapnya via situ Kopernik (dalam bahasa Inggris) (30 Oktober 2014)


Internasional

Sumbangan Foto pada masa Hindia Belanda oleh KITTV

Wikimedia Foundation melalui proyek GLAM-Wiki dengan subproyek Wikipedia in Residence melakukan proyek kerja sama dengan galeri, perpustakaan, lembaga arsip, dan museum untuk berbagi beragam berkas guna mendukung sumber terbuka bagi pengetahuan bebas. Salah satu proyek terbaru adalah kerja sama dengan Lembaga Kerajaan Ilmu Bahasa, Negara dan Antropologi (KITTV) dan menghasilkan sumbangan 1568 berkas dari masa Hindia Belanda. Kesemua berkas merupakan hasil karya Isidore van Kinsbergen (569 berkas), Kassian Cephas (976), dan Sam Cephas (23). Kassian Cephas sendiri merupakan pelopor fotografi Indonesia dan Sam Cephas adalah anak pertamanya Selengkapnya baca di halaman Commons



Wikimania 2015 akan diselenggarakan di Mexico City, Meksiko.

Mexico City secara resmi akan menjadi tuan rumah Wikimania ke-11 pada 15-19 Juli 2015. Selain London, kota lain yang ikut mencalonkan diri adalah Cape Town, Afrika Selatan dan Monastir, Tunisia. Selengkapnya via situs Wikimania 2015 (Mei 2014)


Wikimedia Conference 2015 akan diselenggarakan di Zurich, Swiss

Pertemuan internasional organisasi-organisasi lokal Wikimedia di tahun 2015 akan bertempat di Zurich, Swiss. Selengkapnya via meta (Oktober 2014)


Lisensi bebas dan hak cipta kebebasan panorama kini diakui dalam hukum Rusia

Wikimedia Rusia akhirnya berhasil meyakinkan pemerintah Rusia untuk mengakui lisensi bebas dan hak cipta kebebasan panorama melalui hukum Rusia (Russian Civil Code). Hal ini penting bagi pengembangan perangkat lunak bebas dan upaya seperti Wikipedia!. Lebih dari 400 permintaan untuk menghapus berbagai foto dari Wikimedia Commons kini dibatalkan dan banyak foto direstorasi Selengkapnya via blog Wikimedia Foundation (dalam bahasa Inggris) (Oktober 2014)



Proyek-proyek Wikimedia Foundation

Wikimedia Indonesia mendukung tapi tidak menaungi proyek-proyek wiki Wikimedia Foundation dalam bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa lain yang digunakan di Indonesia.

Kami mendorong Anda untuk turut menyumbangkan kontribusi Anda di proyek-proyek wiki tersebut:

* Masih dalam Incubator


Kebijakan privasi: Ketika Anda menjelajah situs-situs web dalam proyek Wikimedia, kami tidak akan mengumpulkan informasi lebih dari apa yang biasanya dikumpulkan log-log server. Jika Anda berkontribusi (menulis/menyunting) di salah satu bagian dari situs Wikimedia Indonesia, Anda telah mempublikasikan kepada publik setiap kata yang Anda simpan. Anda harus mengasumsikan bahwa apa pun yang Anda tuliskan akanlah tetap ada untuk selama-lamanya. Ini termasuk artikel-artikel, halaman-halaman pengguna, halaman-halaman pembicaraan, dan halaman-halaman lainnya di situs-situs web tersebut.