Rapat Umum Anggota/2009

Rapat Umum Anggota/2009

Dari Wikimedia Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari

Rapat Umum Anggota 2009 (RUA II 2009) adalah rapat umum resmi kedua para anggota Wikimedia Indonesia yang berlangsung pada hari Senin, 28 Desember 2009. Halaman ini memberikan informasi mengenai dan hasil-hasil dari rapat tersebut.

Daftar isi

Lokasi dan waktu

Rapat Umum Anggota II 2009 diadakan secara kekeluargaan di:

Tempat: Wisma Bisnis Indonesia Lantai Dasar, Jakarta
Tanggal: Senin, 28 Desember 2009
Waktu: Pukul 17.30-20.55

Hasil rapat

Keputusan Rapat Umum Anggota II Wikimedia Indonesia yang Kedua 28 Desember 2009

Total anggota yang hadir adalah 9 orang, satu orang meninggalkan tempat pada pukul 18:00, dua orang memegang kuasa suara untuk 9 orang anggota. Empat suara tidak terwakilkan.

Durasi

Rapat secara resmi dibuka pada pukul 17:30 dan berakhir pada 20:55

Kehadiran

Anggota yang hadir tercatat adalah 9 orang anggota, satu orang meninggalkan tempat pada pukul 18:00. Terdapat 9 anggota yang memberikan kuasanya kepada anggota lain yang hadir. Empat suara tidak terwakilkan (dari 22 total anggota Wikimedia Indonesia).:

  1. Siska Doviana (+ 4 kuasa)
  2. Gombang (+ 5 kuasa)
  3. IvanLanin
  4. Mutia Chaerani
  5. Ichsan Mochtar
  6. Arief Rahardi
  7. Sentausa
  8. Stephen Suleeman
  9. Andri Humardhani

Keputusan

Keputusan Rapat Umum Anggota dapat dilihat di Rapat Umum Anggota/2009/Ketetapan.

Agenda Rapat & Diskusi

Kesepakatan agenda, pimpinan, dan tata tertib RUA

Agenda rapat disepakati, pimpinan rapat: Gombang Nan Cengka, sekertaris rapat: Siska Doviana

Pertanggungjawaban kegiatan 2009

  1. Berdasarkan rencana kegiatan 2008 berikut adalah aktifitas organisasi pada tahun 2009
  1. Siaran pers - Wikipedia mencapai 100,000 artikel - Februari 2009
  2. Konferensi pers berdirinya Wikimedia Indonesia - Maret 2009 [Dihadiri oleh seluruh pendiri, duta, dan calon anggota, dilaksanakan di Depkominfo]
  3. Pertemuan Chapter: Chapters Meeting - <<bulan?>> 2009 [Arief, Revo]
  4. Pelatihan menulis Wikipedia di Padang - <<bulan?>> 2009 [Gombang]
  5. Pelatihan menulis Wikipedia di Aceh - <<bulan?>> 2009 [Ivan]
  6. Seminar Wikipedai di Sragen - <<bulan?>> 2009 [Ivan]
  7. Pelatihan menulis Wikipedia di INAICTA 2009, Jakarta - <<bulan?>> 2009 [Dihadiri oleh pengurus, pengawas, dan anggota organisasi]
  8. Seminar: Populerisasi Astronomi melalui Wikipedia, Bandung - <<bulan?>> 2009 [Geboy, Ivan]
  9. Undangan menjadi pembicara mengenai Creative Commons, di Bandung - <<bulan?>> 2009 [Ivan, Ari Juliano]
* Kondisi keuangan organisasi per November 2010: IDR 2,970,000 per bendahara Andri H. Pengeluaran rinci ada di catatan bendahara.
** Siska menambahkan bahwa ada pemasukan dari kaos bebaskan pengetahuan yang terjual sebanyak 11 x IDR 25,000 = IDR 275,000 yang belum disetorkan. Andri H meminta dinyatakan secara tertulis, disetujui, dan disertorkan. OK

Agenda lain sesuai kesepakatan

Berdasarkan usul anggota maka usulan usulan revisi AD/ART dibahas lebih dahulu sebelum masuk pada rencana kegiatan 2010, pemilihan dewan pengawas dan dewan eksekutif periode 2010.

Usulan Revisi AD/ART

Anggaran Rumah Tangga#Pasal 4

Ayat tambahan yang tadinya tidak ada

Menjadi Ayat 3 "Untuk anggota pendiri yang tidak memenuhi kewajiban pembayaran akan kehilangan hak suaranya pada tahun tersebut."
Diskusi

Ayat tambahan ini untuk mengakomodasi keputusan bahwa pada tahun 2010 seluruh pendiri harus membayar biaya keanggotaan pada organisasi. Besarnya uang tahunan adalah 150 ribu rupiah untuk anggota biasa dan 75 ribu rupiah untuk anggota mahasiswa.

Keputusan: diterima dengan suara bulat
Anggaran Rumah Tangga#Pasal 11: Tugas dan Kekuasaan

Ayat 4 berbunyi: "Dewan Pengawas berhak menegur Dewan Pengurus, bila diperlukan, secara tertulis melalui Memorandum Pertama. Bila tidak ditanggapi dalam waktu 7 (tujuh) hari, maka Dewan Pengawas dapat mengirimkan Memorandum Kedua. Dewan Pengawas berhak memanggil Rapat Umum Luar Biasa Anggota Perkumpulan bila Memorandum Kedua masih tidak ditanggapi dalam waktu 7 (tujuh) hari berikutnya oleh Dewan Pengurus."

Menjadi "Dewan Pengawas berhak menegur Dewan Pengurus, bila diperlukan, secara tertulis melalui Memorandum Pertama. Bila tidak ditanggapi atau dianggap tidak memuaskan oleh Dewan Pengawas dalam waktu 7 (tujuh) hari, maka Dewan Pengawas dapat mengirimkan Memorandum Kedua. Dewan Pengawas berhak memanggil Rapat Umum Luar Biasa Anggota Perkumpulan bila Memorandum Kedua masih tidak ditanggapi atau tidak dijawab secara memuaskan dalam waktu 7 (tujuh) hari berikutnya oleh Dewan Pengurus."
Keputusan: diterima dengan suara bulat
Anggaran Rumah Tangga#Pasal 13: Keanggotan (Dewan Pengurus) Ayat 1

Rapat Umum Anggota memilih satu orang Direktur Eksekutif sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Perkumpulan dari antara Anggota Biasa Perkumpulan yang telah dewasa menurut hukum.

Menjadi: Rapat Umum Anggota memilih satu orang Direktur Administrasi untuk menjalankan administrasi organisasi dan Direktur Keuangan untuk menangani administrasi keuangan dari antara Anggota Biasa Perkumpulan yang telah dewasa menurut hukum.
Diskusi

Struktur yang sudah ada sudah lazim dan diterima umum, struktur baru yang diperkenalkan belum lazim. Ada beberapa struktur yang diuji-cobakan saat diskusi, namun pada akhirnya kembali pada struktur awal dimana nama Direktur Eksekutif dipertahankan namun kewenangannya akan dideskripsikan ulang.

Keputusan: ditolak
Anggaran Rumah Tangga#Pasal 13: Keanggotan (Dewan Pengurus) Ayat 2

Direktur Eksekutif yang terpilih harus membentuk kelengkapan Dewan Pengurus, dengan sekurang-kurangnya memiliki 1 (satu) orang Deputi Direktur Eksekutif, 1 (satu) orang yang berfungsi sebagai Sekretaris Perkumpulan, dan 1 (satu) orang yang berfungsi sebagai Bendahara.

Menjadi: Anggota Dewan Pengurus terdiri dari Pemimpin Proyek-Proyek yang sedang berjalan di organisasi. Pemimpin Proyek ini selanjutnya akan diangkat menjadi Direktur Proyek dengan nama proyek tersebut atas keputusan Rapat Kerja Direktur yang terdiri dari Direktur Administrasi, Direktur Keuangan, dan Direktur Proyek-Proyek lainnya yang sedang berjalan saat itu.
Diskusi

Memasukkan direktur/ pemimpin proyek pada dewan pengurus sebaiknya tidak untuk mengambil keputusan. Apabila Dewan Pengurus pada posisi baru sesuai kesepakatan rapat, untuk mengkoordinasi dan tidak untuk memutuskan, maka walaupun direktur/ pemimpin proyek ada secara administratif dibawah dewan pengurus; namun keputusan tetap ada pada rapat anggota (terkait pada perubahan AD/ART Pasal 16 ayat 2)

Keputusan:Dewan pengurus, kelengkapannya dan deskripsi pekerjaannya akan ditentukan oleh tim perumus: Leo Cahyadi, Gombang Nan Cengka, dan Ichsan Mochtar
Anggaran Rumah Tangga#Pasal 13: Keanggotan (Dewan Pengurus) Ayat 3

Dewan Pengurus menetapkan kebijakan operasional dan penjabarannya dalam rangka pelaksanaan Rencana Kerja dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Perkumpulan dan tidak boleh bertentangan dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga Perkumpulan.

Menjadi: Direktur Administrasi wajib mengumumkan susunan Dewan Pengurus lainnya yang terdiri dari Direktur Proyek selambat-lambatnya dalam waktu 7 (tujuh) hari setelah Dewan Pengurus dibentuk atau setelah ada perubahan anggota Dewan Pengurus.
Diskusi

Terkait dengan terpisahnya Rencana Kerja dan Anggaran Pendapatan dan Belanja rutin organisasi dan Rencana Kerja dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Proyek, maka hal ini akan dirumuskan kemudian oleh tim perumus.

Keputusan: Direktur/ Pimpinan proyek dan persetujuan akan proyeknya akan ditentukan oleh mekanisme referendum anggota saat rumusannya telah selesai oleh tim perumus dan disetujui
Anggaran Rumah Tangga#Pasal 13: Keanggotan (Dewan Pengurus) Ayat 4

Anggota Dewan Pengurus dapat merupakan profesional yang bukan Anggota Perkumpulan.

Menjadi: Anggota Dewan Pengurus dapat merupakan profesional dan harus menjadi Anggota Perkumpulan dahulu. Apabila ini terjadi Anggota Dewan Pengurus profesional kehilangan hak suaranya dalam Rapat Umum Anggota.
Keputusan: diterima dengan suara bulat
Anggaran Rumah Tangga#Pasal 16: Rapat Umum Anggota

Rapat Umum Anggota, dapat berupa Rapat Umum Tahunan Anggota atau Rapat Umum Luar Biasa Anggota, diadakan dengan tata cara sebagai berikut.

Diskusi

Ayat ini walaupun tidak bertentangan dengan AD namun tidak memperjelas apa definisi Rapat Umum Anggota. Pemaparan Rapat Umum Anggota harus diperjelas melalui tim perumus Leo Cahyadi, Gombang Nan Cengka, dan Ichsan Mochtar, agar dapat mengakomodasi pengambilan keputusan terbuka seperti Referendum Anggota sebagai Pemungutan suara Anggota di luar RUA Tahunan.

Keputusan: diterima dengan suara bulat namun harus menunggu tim perumus selesai merumuskan perubahan tertulis dalam RUA
Anggaran Rumah Tangga#Pasal 16: Rapat Umum Anggota Ayat 1 bagian (a)

"Dipersiapkan oleh Panitia Rapat yang terdiri dari Dewan Pengurus dan/atau Dewan Pengawas".

Menjadi: "Dipersiapkan oleh Panitia Rapat yang terdiri dari anggota Dewan Pengurus dan/atau Dewan Pengawas, dan ditetapkan oleh Ketua Dewan Pengawas".
Keputusan: diterima dengan suara bulat

Rencana kegiatan 2010

Rencana kegiatan yang disetujui pada saat RUA Tahunan adalah rencana kegiatan rutin dibawah Direktur Eksekutif baru.

  • Membuat prosedur standar organisasi
  • Melakukan penerimaan anggota baru
  • Mengikuti Chapters Meeting

Sementara rencana kegiatan proyek yang dibahas kemungkinan ada tiga (menunggu keputusan Referendum Anggota yang baru). Seluruh proyek dibawah ini hanya dalam pembahasan, untuk persetujuannya seluruh proyek harus diminta persetujuan ulang dari anggota.

Proyek Bebaskan Pengetahuan 2010
  • Pimpinan Proyek: Siska Doviana
  • Budget: 212 juta rupiah
  • Status: Menunggu hibah dana untuk menjalankan proyek, tertunda dua bulan dari rencana semula.
Proyek Karya Cipta Bersama Indonesia (Creative Commons Indonesia)
  • Pimpinan Proyek: Ari Juliano Gema & Ivan Lanin
  • Budget: belum ditentukan
  • Status: penerjemahan lisensi belum selesai sejak [Desember 2008]. Dalam diskusi diungkapkan sebaiknya mulai disusun budget, timeline, serta penanggung jawab pekerjaan seperti Bebaskan Pengetahuan, karena jauh lebih baik kalau diadakan seminar-seminar untuk mensosialisasikan lisensi baru kepada pemangku kepentingan apabila sudah selesai disesuaikan dalam hukum di Indonesia.
Proyek Tropen Museum
  • Pimpinan Proyek: Ivan Lanin (sementara)
  • Budget: belum ditentukan
  • Status: penerjemahan luar jaringan oleh delapan orang penerjemah profesional yang bukan merupakan anggota WMID. Dalam diskusi diungkapkan sebaiknya mulai disusun budget, timeline, serta penanggung jawab pekerjaan seperti Bebaskan Pengetahuan karena menyangkut juga kerjasama Internasional yang bisa berarti sertifikat pengakuan dari Tropenmuseum untuk para penerjemah tersebut.

Pemilihan Dewan Pengawas periode 2010

Keputusan:Dewan Pengawas terpilih: Leo Cahyadi, Revo Soekatno, dan Gombang Nan Cengka memperoleh suara bulat.

Pemilihan Dewan Eksekutif periode 2010

Keputusan: Direktur Eksektif terpilih: Arief Rahardi, terpilih dengan suara bulat.

Penutupan rapat

RUA ditutup pada pukul 20:55 oleh Ketua Sidang Gombang Nan Cengka.


Lihat pula