Siaran pers/Peresmian Wikimedia Indonesia

Siaran pers/Peresmian Wikimedia Indonesia

Dari Wikimedia Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari

EnglishBahasa Indonesia




Siaran Pers

Untuk disebar-luaskan
Wikimedia Indonesia Resmi Berdiri

Wikimedia Indonesia (WMID) adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk penyebarluasan pengetahuan bersumber terbuka berbahasa Indonesia dan bahasa-bahasa lain yang dipertuturkan di Indonesia. WMID adalah mitra lokal independen dari Wikimedia Foundation, suatu yayasan nirlaba bebas pajak di Amerika Serikat yang menaungi proyek-proyek kolaborasi wiki terbesar di dunia, termasuk Wikipedia.

Ide dasar WMID pendirian telah ada sejak November 2006, sewaktu kopi darat pertama Wikipediawan Indonesia dilakukan di Jakarta, sedangkan upaya mendirikan organisasi legal sendiri mulai dilakukan pada akhir Juli 2007. Tanggal 5 September 2008, Perkumpulan Wikimedia Indonesia resmi berdiri dengan ditandatanganinya Anggaran Dasar perkumpulan di kantor notaris dan pada tanggal 7 Oktober 2008, Wikimedia Indonesia secara resmi disetujui sebagai mitra lokal Wikimedia Foundation. Tanggal 31 Oktober 2008, Rapat Umum Anggota pertama WMID diadakan di Jakarta dan menunjuk tiga orang anggota Dewan Pengawas (Leo Cahyadi, Revo Arka Giri Soekatno, dan Gombang Nan Cengka) serta Ketua Dewan Eksekutif (Ivan Lanin).

Ada 19 orang yang menandatangani Anggaran Dasar dan merupakan pendiri Wikimedia Indonesia. Semua pendiri Wikimedia Indonesia adalah Wikipediawan, kontributor di Wikipedia bahasa Indonesia (WBI). Ada yang merupakan pengurus dan ada juga yang merupakan pengguna biasa di WBI. Meskipun demikian, WMID tidak berada di atas WBI. WBI tetap merupakan komunitas independen. Fokus antara WMID dan WBI berbeda karena WMID lebih berfokus pada kegiatan luring (offline) sedangkan WBI pada kegiatan daring (online).

Kesembilanbelas pendiri mengumpulkan dana untuk modal awal yang digunakan untuk menyiapkan organisasi dll. Untuk kegiatan selanjutnya, dana diharapkan didapat dari usaha organisasi serta sumbangan donatur.

Usaha organisasi berfokus pada dua hal, yaitu (1) pengumpulan dan penyebaran pengetahuan serta (2) pemberdayaan kontributor untuk materi pengetahuan tersebut. Untuk dapat melakukan usaha tersebut, organisasi harus juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait serta mengelola keuangan organisasi untuk mendanai segala kegiatan.

Dalam jangka pendek satu atau dua tahun pertama, kegiatan akan berfokus pada sosialisasi kegiatan serta penjalinan kerjasama dengan instansi atau lembaga yang memiliki visi serupa seperti Depkominfo, Depdiknas, serta lembaga-lembaga pendidikan. Payung hukum hak cipta sumber terbuka di Indonesia juga akan didorong agar lebih berwujud antara lain dengan upaya penerapan Karya Cipta Bersama (Creative Commons) di Indonesia. Jangka panjangnya, penyebaran pengetahuan akan dilakukan untuk lebih luas menjangkau masyarakat Indonesia yang belum dapat mengakses media Internet antara lain dengan media cetak dan media lain yang memungkinkan.


Karya Cipta Bersama

Creative Commons (CC) adalah organisasi untuk amal dan pendidikan yang didirikan pada tahun 2001, berbasis di Massachusetts, Amerika Serikat, dan berkantor pusat di San Francisco, AS.

CC menawarkan model lisensi yang disebut Karya Cipta Bersama, peng-Indonesia-an dari Creative Commons, yang menjadi jembatan antara konsep hak cipta yang diterapkan secara kaku (strict implementation) dengan konsep karya cipta bebas lisensi (free license). Lisensi CC memberikan pilihan spektrum “beberapa hak dipertahankan” (some rights reserved). Hal ini membuat pencipta dapat mempertahankan hak atas karya ciptanya sambil tetap mendorong penggunaan karya cipta tersebut dalam batas-batas tertentu oleh publik.

Sampai saat ini, model lisensi CC telah diterapkan di 50 negara di dunia. Beberapa negara lainnya sedang merintis penerapan model lisensi CC di negaranya masing-masing, termasuk Indonesia.

Wikimedia Indonesia adalah lembaga afiliasi (affiliate institution) CC International di Indonesia, dalam mengembangkan konsep lisensi CC di Indonesia.

Lisensi CC adalah salah satu model perjanjian lisensi. Sesuai dengan ketentuan Pasal 1338 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer), semua perjanjian yang dibuat secara sah akan mengikat bagi para pihak yang membuatnya. Sedang menurut Pasal 1320 KUHPer, syarat sah suatu perjanjian adalah adanya kesepakatan, para pihak yang cakap, suatu hal tertentu, dan sebab yang halal. Jadi sepanjang memenuhi syarat sahnya perjanjian, model lisensi CC dapat diterapkan di Indonesia.

Model lisensi CC tidak menggantikan konsep Hak Cipta. Lisensi CC tetap mengakui bahwa dalam suatu hak cipta terkandung hak pencipta untuk mengumumkan dan memperbanyak suatu karya cipta. Lisensi CC hanya membantu pencipta untuk menyatakan hak-hak apa yang tetap dipertahankan olehnya, dan hak-hak apa yang diberikan kepada publik. Dengan begitu, pencipta memberikan akses yang lebih luas kepada publik untuk mengembangkan karya ciptanya menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat untuk kesejahteraan bersama.

Pernyataan pencipta tersebut diwujudkan dalam simbol-simbol yang mudah dipahami dan berlaku di negara-negara yang telah menerapkan model lisensi CC. Pada dasarnya, simbol-simbol itu terdiri dari empat macam, yaitu atribusi (by), berbagi serupa (sa), tanpa derivatif (nd), dan non-komersial (nc). Dalam praktiknya, simbol-simbol itu diterapkan dalam berbagai kombinasi sesuai dengan kehendak pencipta suatu karya cipta.

***SELESAI***

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi: infopxwikimedia.or.id.

Wikimedia Indonesia (www.wikimedia.web.id) adalah perkumpulan (asosiasi) independen yang didirikan dan dibiayai sendiri oleh para sukarelawan Indonesia. Asosiasi ini didirikan untuk mendukung upaya-upaya pengadaan dan penyebarluasan materi-materi pengetahuan bersumber terbuka dalam bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa lain yang dipertuturkan di Indonesia.