WikiWomenCamp 2012

WikiWomenCamp 2012

Dari Wikimedia Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari

Laporan naratif Laporan keuangan

WikiWomenCamp 2012 adalah sebuah pertemuan internasional khusus wanita yang berkecimpung dalam upaya "Pengetahuan dan Teknologi Bebas" yang umumnya menggunakan media wiki di Buenos Aires, Argentina. Pertemuan tiga hari yang diadakan pada 25-27 Mei 2012 dihadiri oleh delapan belas wanita dari berbagai negara. Pertemuan ini didukung oleh Wikimedia Australia, Wikimedia Austria, Wikimedia Jerman, Wikimedia Argentina, Wikifarm, Anne Goldenberg, dan Ford Foundation untuk biaya kedatangan peserta, penggunaan fasilitator bebas biaya, ruangan konferensi, penginapan, dan konsumsi selama konferensi.


Daftar isi

Latar belakang

WikiWomenCamp (konferensi wiki khusus perempuan) berawal sebagai ide penyelenggaraan pertemuan dengan niat membuka kesempatan untuk perempuan (baik secara biologis berdasarkan jenis kelaminnya maupun pilihan) untuk berkumpul, belajar dari pengalaman perempuan lain, dan berjejaring dan bertemu antar muka sehingga mereka dapat mencapai tujuan mereka dan berbagi semangat dan hasrat dalam lingkup "surga wiki". Ajang ini juga dimaksudkan sebagai wadah diskusi sebagai individu yang mengusung upaya wiki yang sama dan berbagi masalah serta penyelesaian yang mungkin menimpa wanita pada komunitas wiki.

Konferensi ini diadakan untuk mengidentifikasi tantangan tantangan yang dihadapi perempuan dalam berkontribusi pada gerakan "Bebaskan Pengetahuan" dan mencoba mengidentifikasi kesempatan kesempatan yang mungkin agar perempuan dapat mendukung secara aktif penyebarluasan pengetahuan bebas dengan mengkomunikasikan strategi yang sukses dalam melakukan jangkauan ke negara lain dan menjalin persahabatan dengan budaya lain.

Sebanyak delapan belas wanita dari berbagai negara akhirnya berpartisipasi pada WikiWomenCamp. Penyelenggara percaya bahwa kolaborasi dimungkinkan dengan beraneka ragam upaya sehingga peserta yang datang diharapkan memiliki pikiran terbuka. Kontribusi peserta dapat berupa upaya menjadi pembicara, mengambil peran aktif dalam berdiskusi dan membantu peserta lain berinteraksi dalam kelompok apabila mereka mengalami kendala, dan dengan berbagi pengalaman pribadi.

Karena WikiWomenCamp adalah upaya akar rumput, setiap peserta bertanggung jawab penuh untuk membuatnya produktif, ringan, dan menyenangkan.

Acara ini terbuka untuk seluruh perempuan yang berkecimpung pada gerakan "pengetahuan bebas" wikimedia, ataupun yang tergabung dengan wiki baik wiki dari sisi komersil, nirlaba, wiki untuk pendidikan, dan lainnya. Konferensi akan berlangsung pada tanggal 23, 24, dan 25 Mei 2012 di Buenos Aires dan ditutup dengan Wiki Genero pada 26 Mei 2012.

Hari Pertama, 23 Mei 2012

Pembukaan WikiWomenCamp hari pertama, fasilitator Anne Goldenberg menjelaskan tentang konsep konferensi terbuka
Pembukaan WikiWomenCamp hari pertama, fasilitator Anne Goldenberg menjelaskan tentang konsep konferensi terbuka

Konferensi terbuka

WikiWomenCamp dirancang dengan menggunakan konsep "konferensi terbuka" (open conference). Berbeda dengan pertemuan-pertemuan lain yang direncanakan matang sebelumnya menggunakan agenda yang tetap, hari pertama WikiWomenCamp dibuka dengan penjelasan oleh Anne Goldenberg akan apa itu "Konferensi Terbuka". Walaupun banyak hal yang fleksibel, namun konferensi terbuka memiliki peraturan tetap, diantaranya adalah;

  1. Siapapun yang datang adalah orang yang tepat (Whoever comes is the right person)
  2. Apapun yang telah terjadi menjadi satu satunya kejadian yang mungkin terjadi (What happened is the only thing that could happened)
  3. Acara dimulai saat semua orang merasa siap untuk mulai (it start when it start)
  4. Acara selesai saat semua orang merasa sudah selesai (it's over when it's over)

Juga ada peraturan lain yang menyertai perpindahan kelas, yaitu The rule of two feet (peraturan dua kaki berlaku), yang berarti peserta diskusi diperbolehkan keluar masuk kelas diskusi sesukanya kalau merasa kelas yang ia ikuti tidak cocok, dan pemimpin diskusi tidak boleh protes kalau pesertanya keluar. Juga peserta diskusi yang merasa tidak mempelajari sesuatu, atau tidak berkontribusi dalam diskusi dipersilahkan untuk pergi dan melakukan hal lain. Sekitar 45 menit pertama dihabiskan dengan menjelaskan hal-hal ini dan kemudian dilanjutkan dengan mendiskusikan agenda tiga hari konferensi.

Kelas diskusi

  • Berdasarkan statistik, hanya sekitar 10% wanita yang berpartisipasi mejadi kontributor Wikipedia dan fakta ini kemungkinan terjadi karena faktor-faktor yang berhubungan dengan komunitas dan pengguna. Selain persoalan teknis, informasi untuk pengenalan dan ajakan berkontribusi melalui Wikipedia masih sangat terbatas. Pengguna baru membutuhkan pelatihan dan pedoman spesifik untuk memulai menyunting dan mengatasi ketidaknyamanan yang tanpa disadari diciptakan komunitas kepada pengguna baru. Faktor lain yang menyebabkan rendahnya partisipasi wanita di Wikipedia adalah keterbatasan waktu wanita untuk proyek sukarela, wanita cenderung kurang percaya diri dalam berargumentasi terhadap artikel yang mereka tulis, dan yang utama adalah wanita harus mengetahi secara jelas mengapa mereka perlu berkontribusi di Wikipedia.
  • Siska Doviana dari Wikimedia Indonesia menunjukkan kegunaan Pembacaan Statistik Wikipedia untuk pengukuran keberhasilan proyek dan publikasi upaya. Kemampuan membaca statistik seperti melihat jumlah pembaca, peringkat Wikipedia, dan fluktuasi atau perkembangan pada Wikipedia berbagai bahasa membantu jurnalis media arus utama menulis berita mereka secara lebih menarik karena data yang akurat. Namun masukan dari Rusia, adalah data statistik yang menunjukkan data faktual bahwa suatu wiki/ komunitas tidak beroperasi dengan tingkat diatas rata-rata tidak menarik untuk diberitakan kepada media, karena nanti memiliki efek buruk terhadap pembaca berita tersebut. Dijelaskan bahwa untuk Wikimedia Indonesia yang penting data yang diberikan pada media akurat, bukan "keren", namun Rusia tetap berpendapat data yang diberikan sebaiknya yang "keren" saja, bukan yang jelek. Peserta dari India dan Spayol tertarik untuk tahu lebih banyak bagaimana statistik menjadi salah satu sarana untuk melihat keberhasilan kompetisi menulis dan hasil yang didapatkan menunjukkan wanita mendominasi peringkat lima teratas di semua kompetisi yang pernah diadakan.


Hari Kedua, 24 Mei 2012

Para peserta berpose pada penutupan hari kedua WikiWomenCamp
Para peserta berpose pada penutupan hari kedua WikiWomenCamp
  • Sukarelawan dari Kamboja berbagi tentang cara mengorganisir suatu acara komunitas yang sukses di Asia Tenggara: menyelenggarakan pra-acara untuk promosi dan sosialisasi kepada komunitas, membagi tanggung jawab pada saat acara berlangsung, dan kegiatan pasca-acara untuk mengevaluasi kesulitan dan pelajaran yang dapat diambil dari penyelenggaraan suatu acara.
  • Penggunaan Wiki untuk manajemen proyek telah diterapkan di Indonesia melalui proyek Wikimedia Cipta. Tahapan yang diperlukan meliputi: penyusunan anggaran dana untuk infrastruktur utama, pelatihan sukarelawan yang akan melaksanakan proyek, melaksanakan program, dan menyusun laporan akhir. Banyak pertanyaan mengenai penggunaan dana hibah dan individu yang menggunakannya, termasuk: "Bagaimana kalau dana sudah diberikan dan ternyata pencetus proyek lari dengan dana tersebut?". Banyak juga anggota kelas yang menyatakan bahwa muatan admin dari presentasi yang ditunjukkan cukup berat untuk dilakukan sukarelawan. India menyatakan tertarik untuk melakukan kompetisi dalam bahasa Kerala, dan WMID akan mengevaluasi kemungkinan melakukan pelatihan untuk sukarelawan India di Jakarta.
  • Seorang dosen di seni digital dan fotografi di sebuah perguruan tinggi Argentina menggunakan Wikipedia sebagai media edukasi. Dia memberikan tugas riset tentang suatu topik tertentu kepada mahasiswanya dan hasilnya dipresentasikan di depan kelas. Rangkuman dari riset tersebut dimasukkan ke Wikipedia bahasa Spanyol dalam waktu 3 bulan. Mahasiswa yang baru pertama kali menggunakan Wikipedia langsung berinteraksi dengan komunitas dan juga dibimbing oleh dosen tersebut secara teknis.
  • Para peserta membahas tentang pelecehan atau ancaman yang pernah mereka alami di Wikipedia, usaha wanita untuk menetralkan artikel tentang feminisme atau hak wanita yang ditulis dengan berat sebelah, hingga hambatan dan tantangan yang dialami para wanita di kehidupan sehari-hari. Bahkan di Argentina yang memiliki presiden wanita, isu mengenai ketidaksetaraan gender bukan merupakan agenda dalam pemerintahan sehingga masih banyak wanita yang mengalami pelecehan seksual dan ± 500 000 wanita/per tahun meninggal akibat aborsi secara ilegal. Di Afrika Selatan, walaupun seorang wanita memiliki kehidupan personal yang sukses ataupun kekuasan yang besar di publik, namun begitu kembali ke dalam rumah, mereka hanya memiliki posisi yang lemah. Wanita dengan orientasi seksual yang menyimpang (lesbian) juga sangat didiskriminasi hingga harus mengalami kekerasan dan bahkan dibunuh karena preferensi seksual mereka. Sedangkan para kaum gay cenderung dapat ditoleransi dan lebih diterima oleh masyarakat luas.

Hari Ketiga, 25 Mei 2012

Hari ketiga pembicaraan tentang publikasi buku perspektif wanita dan teknologi wiki di dunia
Hari ketiga pembicaraan tentang publikasi buku perspektif wanita dan teknologi wiki di dunia
  • Galleries, Libraries, Archives, and Museum (GLAM), dan Wikimedia Love Monument (WLM), adalah suatu proyek yang biasanya dilakukan bekerja sama dengan institusi terkait untuk menghasilkan konten yang dapat diakses dan digunakan secara bebas dan gratis oleh publik. Sukarelawan dari Rusia dan Spanyol menceritakan pengalaman mereka dalam menyelenggarakan kompetisi foto Wikimedia Cinta Monumen dengan total foto yang dikumpulkan oleh peserta mencapai 4.000 foto di Rusia dan 18.000 foto di Spanyol dan sebagian peserta masih tetap berkontribusi di Wikimedia Commons walaupun kompetisi telah berakhir. Beberapa kesulitan yang dapat mengendurkan semangat peserta dalam mengikuti kompetisi tersebut adalah kesulitan untuk mengunggah gambar ke Commons dan masalah hak cipta suatu gambar yang menghalangi publikasi karya para peserta. Tidak hanya itu, berurusan dengan juri foto juga ternyata tidak mudah, sukarelawan harus berkali kali menghubungi juri agar juri melakukan tugasnya tepat waktu. Para peserta juga banyak yang mengunggah foto tidak sesuai, termasuk yang tidak masuk akal seperti berjemur dipantai dan menuliskan keterangan bahwa pantai tersebut berdekatan dengan gedung bersejarah, dan banyak lagi yang lain. Di Rusia, pemenang foto bukanlah foto yang terbaik, namun justru foto tentang suatu monumen yang keadaannya sudah "menyedihkan" dan diangkat sebagai pemenang dengan harapan bahwa masyarakat dan pemerintah mengingat dan tergugah untuk melestarikan monumen tersebut. Beberapa tantangan lainnya yang juga diidentifikasi adalah dalam menentukan hadiah, menurut Spanyol hadiah sebaiknya hadiah yang menyenangkan seperti jalan-jalan dan menginap di hotel, tidak melulu hadiah untuk orang "kutu buku" seperti komputer dan perangkat elektronik. Sementara Rusia memiliki pengalaman lucu mengenai hadiah, dimana pemenang mendapatkan tiket pesawat tetapi tidak perjalanan daratnya, mereka lupa dan lain kali akan memasukkan faktor tersebut.
  • Buku berisikan informasi mengenai wanita dalam kaitannya dengan gerakan "Bebaskan Pengetahuan" dan Wiki di berbagai negara akan dicetak di Indonesia dengan dana dari Wikimedia Australia. Buku tersebut akan berisi informasi singkat tentang suatu negara, komunitas, asosiasi lokal, dan peranan wanita di baliknya, ajakan untuk bergabung dengan komunitas, dan gambar wanita yang aktif dalam proyek Wiki.
  • WikiWomenCamp 2013 direncanakan akan diadakan di Australia karena acara ini merupakan ajang untuk saling berbagi pengalaman dengan wanita lain dari berbagai negara secara bebas dan wanita dalam hal ini sebagai komunitas pengetahuan. Komunikasi akan dijalin melalui Wikichixs (media Wiki) dan milis wikiwomenlist.

Penutupan dan proyek-proyek kolaborasi yang mungkin

  • Scanner dari Wikimedia Argentina memperkenalkan alat pemindai untuk buku-buku yang murah dan dapat dibuat sendiri (harganya mencapai USD 500) untuk digunakan oleh universitas dalam mengarsip. Wikimedia Indonesia menyatakan tertarik untuk melakukan hal yang mirip dalam memberdayakan sukarelawan dan menghidupkan wikisumber Indonesia (dan bahasa lainnya).
  • Artikel tentang perempuan dalam Wikipedia bahasa Spayol dan bahasa Indonesia salah satu peserta Andrea dari Wikimedia Argentina menyatakan tertarik untuk melakukan pengkayaan artikel-artikel tentang wanita dengan memanfaatkan penerjemah google dan interwiki. Wikimedia Indonesia akan mencoba mengeksplorasi kemungkinan ini dengan memperkenalkan komunitas radio buruh perempuan yang tertarik akan isu ini.
  • Bantuan untuk Wikipedia bahasa Malayalam di Kerala - posisi wikipedia bahasa Malayalam yang mirip dengan Wikipedia bahasa Jawa memungkinkan Malayalam dapat dibantu dengan kompetisi untuk mendongkrak jumlah artikelnya, namun sebelumnya panitianya membutuhkan pelatihan yang intensif di Jakarta.
  • Buku Perspektif Kontribusi dan Posisi Perempuan untuk Pengetahuan Bebas di Dunia akan dikerjakan secara bersama oleh Indonesia dan Australia, Spanyol siap menerjemahkan, dan Rusia akan melihat dulu kemungkinan kegunaannya di Rusia.

Publikasi

Pranala luar