Wikimedia Cipta Jakarta/Pertemuan koordinasi

Wikimedia Cipta Jakarta/Pertemuan koordinasi

Dari Wikimedia Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari
EnglishBahasa Indonesia

Pertemuan koordinasi - ilustrasi dari commons
Pertemuan koordinasi - ilustrasi dari commons

Pertemuan koordinasi adalah pertemuan pertemuan yang terjadi pada saat proyek-proyek potensial sedang dieksplorasi dan dipastikan implementasinya dan pengawasannya. Pertemuan-pertemuan terjadi pada keadaan informal dan beberapa kali membuahkan hasil, namun ada juga yang gagal. Sebagai pembelajaran Wikimedia Indonesia mencatat pertemuan-pertemuan ini.

Beberapa proyek yang terlaksana dengan baik terjadi dikarenakan pertemuan-pertemuan ini.

Latar belakang

  • Wikimedia Cipta Jakarta berawal dari proyek eksperimen berdasarkan asumsi bahwa pertumbuhan wikipedia pada bahasa-bahasa yang membutuhkannya dapat dipercepat apabila ada sukarelawan-sukarelawan yang menginginkan tanggung jawab lebih untuk menjalankan proyek. Proyek-proyek ini pada keadaan normal tidak dapat dilakukan sendiri - dikarenakan hal ini membutuhkan tanggung jawab lebih terkait skalanya dimana hal ini membutuhkan tim, atau pendanaan, dimana hal ini tidak dapat didanai sendiri. Masih menggunakan asumsi dimana sukarelawan-sukarelawan yang ini tidak banyak, Wikimedia Indonesia berpikir bahwa sukarelawan ini juga bangga dengan sumbangsih mereka yang sudah dilakukan, butuh dukungan, jaminan, infrasrtruktur, dan standar dasar dalam melakukan proyek.
  • Disaat yang sama Wikimedia Indonesia sebagai organisasi muda juga membutuhkan bantuan profesional dalam memberi nasehat - dan walaupun tidak mampu membayar profesional-profesional ini secara penuh, kami pikir perlu dilakukan pertemuan-pertemuan antara sukarelawan dan profesional agar dapat diidentifikasi mana profesional yang bersedia membantu dan jasanya masih dalam anggaran.
  • Sebagai tambahan, jangkauan keluar membutuhkan koordinasi kedalam. Karena organisasi tidak memiliki kantor untuk melakukan pertemuan-pertemuan dan tidak menganggarkan pegawai untuk menjaga kantor - maka organisasi harus memiliki cara-cara kreatif dalam melakukan koordinasinya. WMID percaya bahwa ada tetap ada kesempatan-kesempatan untuk melakukan koordinasi untuk meyakinkan bahwa seluruh proyek-proyek dibawah Wikimedia

dapat dijahit dan menjadi kesatuan yang saling mendukung dengan laporan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Kelompok target

  • Sukarelawan potensial
  • Individu dengan kemampuan memberikan nasehat/ pelatihan/ jasa profesional
  • Koordinasi internal antar pemimpin proyek.

Tujuan

  • Untuk mengindentifikasi sukarelawan-sukarelawan yang mau dan mampu
  • Untuk mengindentifikasi ide ide proyek yang potensial
  • Untuk mengindentifikasi bantuan profesional dan kontak-kontak tambahan.
  • Untuk mengindentifikasi organisas-organisasi potensial dalam melakukan proyek.

Kami percaya menggunakan strategi-strategi ini Wikimedia Indonesia dapat merambah jangkauannya keluar sembari meningkatkan koordinasi dalam organisasi.

Dengan dilakukannya pertemuan-pertemuan internal kami percaya dapat menambah kepercayaan sukarelawan dalam melakukan proyek proyek dengan cara menyenangkan sebagai tambahan aktifitas dibingkai dalam jangka waktu tertentu dan disaat yang sama menjaga netralitas dan kebebasan untuk meraih hal-hal lain yang mereka anggap penting dalam hidup mereka.

Proyek ini dinilai berhasil apabila ada proyek-proyek yang berhasil dirintis atau diimplementasikan sebagai hasil dari pertemuan-pertemuan.